5 Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur

5 Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur – Apakah Anda Tahu Penyebab utama mimisan pada balita dan anak-anak saat tidur?.

Berbeda dengan penyebab mimisan pada bayi, pada anak umur 3-10 tahun mimisan merupakan hal umum. Memang benar jika darah yang keluar sangat banyak,

Namun hal tersebut bukanlah sebuah permasalahan medis yang serius. Beberapa penyebab yang membuat mimisan pada anak diantaranya.

Luka pada hidung, kebiasaan anak untuk mengorek hidung, sedang sakit pilek, terjatuh dari kasur, atau karena adanya elergi.

5 Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur

Mimisan pada anak sendiri terjadi tidaklah lama. Biasanya terjadi mulai dari hitungan detik hingga paling lama 10 menit, darah yang keluar akan berhenti sendiri nantinya.

Penyebab Mimisan Pada Anak Umur 3 – 10 Tahun

Pasti sebagai orang tua yang melihat keluarnya darah pada hidung si anak akan sangat khawatir. Namun sebagai salah satu pembaca infobeken.com Anda jangan panic dulu ya. Karena mimisan yang terjadi pada anak merupakan hal yang sering terjadi.

Anak anak akan lebih gampang terkena mimisan daripada orang dewasa. Hal itu dikarenakan pembuluh darah yang ada di hidung anak lebih tipis, dan lebih banyak.

Mungkin Anda sebagai orang Tua dapat mengantisipasinya dengan cara menjauhi anak anak Anda dari beberapa penyebab mimisan pada anak. Berikut penyebab mimisan yang harus Anda tahu.

Penyebab 1: Udara Kering

Apakah ruangan rumah Anda memiliki AC?. Terlalu lama di dalam ruangan yang ber-Ac memungkinkan terjadinya mimisan pada Anak.

Hal itu terjadi karena rongga hidung yang kering, dan akan mnimbulkan kerak hasil dari mengeringnya air dalam hidung. Hal ini akan mngeritasi mukosa pada hidung.

Sehingga saat digaruk akan menghasilkan darah yang keluar dari pembuluh darah hidung. Jadi untuk Anda yang memiliki ruangan ber-Ac alangkah baiknya sering-sering mengontrol Ac dalam ruangan ya.

Penyebab 2: Sering Mengorek Hidung

Apakah salah satu dari anak Anda, ada yang memiliki kebiasaan ini?. Penyebab mimisan pada anak balita salah satunya adalah seringnya mengorek hidung.

Hal tersebut adalah salah satu penyebab mimisan pada anak yang sering terjadi. Kuku anak akan melukai pembuluh darah kecil yang terdapat didalam hidung.

Maka dari itu sebagai orang tua yang peduli dengan Anak. Anda harus sering sering mengontrol kuku pada anak, Agar hal tersebut dapat di Antisipasi.

Karena tau sendiri jika anak sudah asik bermain dengan hidungnya. Pasti susah untuk dihentikan, maka dari itu penyebab inilah yang membuat mimisan sering terjadi.

Penyebab 3: Cedera di hidung

Tidak sedikit anak-anak yang sering mengigau saat tidur, ada yang berteriak, bahkan ada juga yang mengigau sambil berjalan.

Hal ini dapat mengakitbatkan mimisan pada anak. Misal saat anak mengigau anak anda jatuh dan bagian wajah terbentur tepi kasur, tembok, atau lantai.

Ini yang Kami sebut cedera pada hidung. Ada pula cedera lain yang dapat menyebabkan mimisan pada anak balita saat tidur yaitu ada benda asing yang masuk kehidung sang balita.

Penyebab 4: Sedang pilek atau alergi

Penyakit juga dapat menyebabkan mimisan pada anak. Hal itu karena penyakit tersebut membawa gejala hidung tersumbat dan juuga iritasi. Salah satunya yaitu pilek, sinusitis, dan juga alergi.

Hal lain yang dapat memicu alergi pada anak yaitu debu yang berada dalam ruangan. Hidung akan mudah berdarah jika terjadi peradangan karena alergi atau iritasi si mukosa hidung. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah yang makin lama makin rapuh dan tentunya akan mudah untuk berdarah.

Penyebab 5: Memiliki gangguan pembekuan darah

Hal ini merupakan sebuah hal yang jarang sekali terjadi. Namun hal tersebut merupakan penyebab mimisan pada anak. Anak yang berada dalam kondisi tersebut adalah anak yang menginsumsi obat pengencer darah atau obat penyakit lain. Pembekuan darah terjadi karena adanya efek samping obat-obatan yang dikonsumsi tersebut.

Pendarahan pada hidung secara mendadak merupakan hal yang terjadi untuk anak yang memiliki gangguan pembekuan darah. Mimisan biasa terjadi sebelum tidur, kelelehan saat beraktivitas, dan lain-lain.

5 Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur

Apa yang harus dilakukan saat anak mimisan?

Pertama tentunya ada sebagai orang tua tidak boleh panik. Anak yang mimisan akan kaget karena keluarnya banyak darah dari hidung. Namu itu tidak menghasilkan rasa sakit buat anak Anda.

Ini dia beberapa hal yang harus Anda lakukan saat anak Anda mimisan:

  1. Pertama Anda harus meminta sikecil untuk duduk dengan tegak. Kemudian mintalah duduku sedikit mencondongkan dadanya kedepan.
  2. Kemudian bilang ke Anak anda untuk bernafas menggunakan mulut, jangan menggunakan hidung. Apabila ada darah yang masuk ke mulut, suruh anak untuk meludah.
  3. Agar darah cepat membeku tekan hidung anak perlahan hal itu berguna agar darah yang keluar dari hidung lebih cepat terhenti.
  4. Ambil ES Batu dan bungkus menggunakan kain kering, Tempelkan pada bagian hidung, atau pada bagian leher belakang kepala.

Jika Anda memiliki ruangan Ac Anda harus menyiapkan lat untuk membuat ruangan lebih lembab, cukup pada ruangan tidur Anak Anda. Apabila penyebab mimisan adalah alergi karena debu, Anda harus sering –sering membersihkan ruangan tidur anak.

Mimisan memang bukan hal yang berbahaya, Namun apabila mimisan yang terjadi lebih dari tiga puluh menitan. Sehingga darah yang keluar dari hidung terlalu banyak atau muncul gejala-gejala lainnya. Seperti sakit pada dada, sesak napad, pusing, wajah pucat. Anda harus segera membawa anak Anda ke dokter untk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Semoga Artikel diatas mengenai Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur menambah wawasan baru buat Anda semua. Apabila terdapat pertanyaan-pertanyaan lain mengenao artikel diatas. Anda dapat berikan komentar. Tunggu update artikel artikel informasi penting lainnya di https://infobeken.com.

One Response for 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Balita Saat tidur

Comments are closed.