Sejumlah Inovasi Baru Bakal Warnai Turnamen Basket Mandiri 3×3 Indonesia 2024

Share Medsos

Infobeken.com, Jakarta – Mandiri 3X3 Indonesia kembali menggelar turnamen basket tahun ini, menandai tahun ketiga penyelenggaraannya. Dengan inisiatif dari PT Supersport Sensation (SSS) Internasional bekerja sama dengan PP PERBASI dan dukungan dari PT Bank Mandiri Tbk, turnamen ini menghadirkan sejumlah inovasi menarik.

Menurut Direktur Utama PT SSS International, Azwan Karim, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament sebelumnya telah sukses mempertandingkan dua kelompok umur putra dan puteri, yaitu U-18 dan U-23. Namun, untuk tahun ketiga ini, terdapat banyak improvisasi yang membuat turnamen semakin menarik.

Salah satunya adalah pengenalan FIBA Lite Quest Tournament, yang pertama kalinya diadakan khusus untuk kategori putra umum. Dengan pembatasan peserta hanya 16 tim, turnamen ini dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus 2024.

“Lite Quest merupakan wujud perhatian kami untuk memberikan pengalaman berharga kepada para atlet basket 3X3 dalam mencoba level yang lebih tinggi,” kata Azwan, Senin (22/4/2024).

Pemenang Lite Quest akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di FIBA Challenger, yang diadakan di berbagai negara seperti China, Korea, Mongolia, atau bahkan Perancis. Sementara itu, improvisasi lainnya dari Mandiri 3X3 Indonesia Tournament adalah penambahan kategori pertandingan. Tahun ini, selain Lite Quest, terdapat juga kategori U-15 Putra dan festival anak-anak U-12 tahun.

Azwan menjelaskan bahwa Lite Quest akan diadakan di Jakarta, sementara kedua kategori tambahan akan digelar di semua daerah. Hal ini melengkapi kategori edisi sebelumnya, seperti U-18 Putra, U-23 Putra, dan Putri. Meskipun demikian, kategori U-18 Putri dihapuskan untuk tahun ini karena respons yang kurang di dua edisi sebelumnya.

Selain itu, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini akan dilaksanakan di tiga regional, menyeberangi Jawa ke daerah luar. Medan dan Makassar dipilih sebagai daerah baru penyelenggara turnamen. Regional Sumatera akan dimulai dengan play-in Tournament di Pematang Siantar pada 27 April 2024, dilanjutkan dengan kompetisi di Medan pada 28 April 2024.

Sementara itu, Regional Sulawesi akan difokuskan di Makassar, dengan play-in Tournament berlangsung pada 5-6 Juli 2024 dan final regional pada 7 Juli 2024. Regional Jawa akan menggelar finalnya di Yogyakarta pada 23 Juni 2024, dengan play-in tournament di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Dengan berbagai inovasi dan perluasan jangkauan ini, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament bertujuan untuk memberikan panggung yang lebih baik bagi para peserta untuk mengembangkan kemampuan mereka serta memperkuat promosi basket 3X3 kepada masyarakat.

Wakil Ketua Umum PP PERBASI Bidang 3X3, Jamin Mattotoran, mengapresiasi langkah-langkah inovatif ini, mengharapkan efek positifnya dalam mempromosikan basket 3X3 di kalangan masyarakat.

“Lite Quest telah diaplikasikan ke FIBA dengan harapan dapat membantu pemain senior untuk naik peringkat dan menjadi panggung menuju timnas,” ujar Jamin.

FIBA Lite Quest Tournament, yang pertama kalinya diadakan dan dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus 2024. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *