Saham AIMS ARA 4 Hari Beruntun Setelah Kerja Sama dengan PT Rans Entertainment Indonesia

Share Medsos

Jakarta – PT Akbar Indo Makmur Stimec Tbk (AIMS) menanamkan modal ke klub sepak bola Raffi Ahmad, RANS FC yang ditanda tangani pada 22 Desember 2023. Kerjasama  dengan melakukan investasi dalam bentuk penyertaan modal maupun jual beli saham kepada entitas perusahaan RANS yakni PT Rans Prestisius Klub Sepak Bola, dapat disebut RANS FC.

Hal tersebut usai kabar perusahaan resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Rans Entertainment Indonesia (RANS) besutan artis Raffi Ahmad yang berakibat Saham PT Akbar Indo Makmur Stimec Tbk (AIMS) kembali melejit hingga Auto Rejection Atas (ARA) di awal perdagangan Rabu (3/1/2024).

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), per pukul 10.14 WIB, saham AIMS melambung 9,52 persen ke Rp1.035 per saham, atau menembus auto reject atas (ARA) untuk saham dalam papan pemantauan khusus.

Nilai transaksi tidak begitu ramai, hanya Rp572,47 juta dengan volume 553,90 ribu saham. Dengan ini, saham AIMS melesat hingga ARA 4 hari beruntun.

Saham AIMS dalam tren penguatan sejak akhir November lalu. Dalam sepekan, saham AIMS melompat 47,86 persen dan dalam sebulan terbang 131,03 persen.

“Detail atas rencana investasi tersebut masih akan dinegosiasikan lebih lanjut antara para pihak yang kesepakatannya akan ditindaklanjuti melalui penandatanganan perjanjian definitif,” kata Corporate Secretary AIMS, Anton Hidayat.

Kedua entitas belum menentukan nilai transaksi ini. Kesepakatan dalam MoU masih merupakan perjanjian awal.

Pada awal 2023, Raffi Ahmad menyebut sedang menggandeng sejumlah investor dan mitra bisnis untuk memperkuat gurita bisnisnya yang disebut telah menyentuh Rp3 triliun.

Sementara AIMS merupakan konstituen Papan Pemantauan Khusus. Perseroan mendapatkan kriteria sebagai saham yang tidak membukukan pendapatan atau tidak terdapat perubahan pendapatan pada laporan keuangan terakhir.

“Selama periode Laporan Keuangan per 30 Juni 2023 dan 30 September 2023 Perseroan tidak membukukan pendapatan karena kegiatan usaha utama Perseroan sudah tidak ada lagi karena kondisi tambang cadangan batu baranya sudah habis (mine out) selain itu kontrak keria Perseroan dengan mitra kerja, yaitu PT. Bumi Petangis dan PT. Ansaf Inti Resources juga sudah selesai. Dengan tidak adanya kegiatan usaha utama Perseroan maka pada akhirnya Perseroan tidak dapat membukukan pendapatan,” jelas manajemen AIMS saat menjawab surat bursa pada 18 Desember 2023.

Saham AIMS juga sempat mendapat suspensi lebih dari satu hari lantaran terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Mengutip materi paparan publik (publik expose), pada 8 Desember 2023, AIMS sejak awal pendiriannya pada tahun 1997 lalu kemudian tercatat menjadi perusahaan terbuka pada tanggal 21 Juli 2001 dengan kode saham AIMS pada papan Pengembangan (Development Board) bergerak dalam bidang usaha perdagangan dan jasa dengan komoditas batu bara. Sehingga  PT. AIMS tbk melihat potensi bisnis yang lebih produktif dan menjanjikan serta masih rendah tingkat persaingannya, yaitu pada industri terkait Entertainment, Lifestyle, Media dan Sport.

Sejalan dengan perubahan bidang usaha utama, AIMS berencana untuk melakukan akuisisi perusahaan perusahaan sasaran yang selanjutnya akan melakukan pencarian dana melalui corporate action berupa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias right issue.

Kini, sejumlah perusahaan tengah dalam proses penelaahan dan pengkajian AIMS, seperti pengelola bar dan restoran Robot & Co., beach club PT Marawa Dwitunggal Abadi (Marawa), dan terbaru RANS FC besutan Raffi Ahmad.

Menyoal rights issue, AIMS saat ini masih dapat tahap persiapan dan pelaksanaan HMETD ditargetkan dapat terlaksana pada semester pertama 2024. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *